Jun 1, 2011

MENGENAL AROMATHERAPY

Banyak kesalahan penafsiran mengenai aromatherapy di masyarakat Indonesia saat ini. Mereka seringkali mengidentikkan aromatherapy dengan pengharum ruangan. Padahal itu sama sekali TIDAK BENAR !!!

APA ITU AROMATHERAPY ?

Aromatherapy adalah ‘suatu bentuk therapy (perawatan/treatment) dengan menggunakan minyak-minyak aromatis’. Minyak aromatis yang dimaksud adalah essential oil atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai minyak atsiri. Minyak ini sendiri secara umum dihasilkan dari hormone tumbuhan, getah pohon dan ada juga yang dari hewan, melalui suatu proses tertentu hingga menghasilkan minyak yang memiliki aroma-aroma khas. Minyak ini bersifat volatile atau sangat mudah menguap pada suhu kamar. Selain memiliki aroma khas, minyak-minyak ini juga memiliki khasiat nyata yang telah terbukti selama berabad-abad digunakan oleh nenek moyang kita.

Salah satu contoh nyata dari bentuk aromatherapy yang sangat familiar bagi masyarakat kita adalah minyak kayu putih. Jenis minyak ini merupakan salah satu minyak atsiri (essential oil) asli Indonesia yang telah dipergunakan untuk therapy penyembuhan sakit perut, masuk angin dll sejak waktu yang sangat lama. Dan efek therapic’nya benar-benar nyata.

Contoh lain dari ramuan aromaterapi adalah minyak pijat. Sering kita jumpai minyak pijat (massage oil) di pasaran yang menggunakan minyak-minyak alami, seperti minyak jahe, minyak cengkeh, minyak peppermint dll dengan formulasi yang tepat, sehingga memberikan efek terapi yang luar biasa bagi kesembuhan alami (natural healing) kita.

Dalam kesempatan kali ini kita akan belajar bersama-sama untuk membuat ramuan Aromatherapy massage oil yang akan dipergunakan dalam proses facial dan totok aura nantinya. Namun sebelum mulai meramu, hendaknya kita tahu apa saja yang dibutuhkan. Sebagai catatan penting, essential oil atau minyak atsiri merupakan minyak pekat yang sangat mudah diserap oleh kulit sampai pada jaringan lipid (subcutis). Sehingga sangat diperlukan pengenceran agar molekul-molekul kecil dari minyak ini jangan sampai merusak jaringan lipid tersebut. Proses pengencerannya menggunakan minyak pembawa atau biasa disebut sebagai carier oil yang umumnya menggunakan jenis minyak-minyak nabati, seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak bunga matahari, minyak wijen, minyak canola dll. Pengenceran dilakukan dengan perbandingan yang sangat jauh. Sebagai contoh, untuk 1 liter massage oil yang menggunakan minyak bunga matahari, essential oilnya hanya kurang lebih 5ml. Apalagi untuk minyak-minyak yang sifatnya keras, maka harus sangat dibatasi penggunaannya.

Secara farmakologi, khasiat nyata dari essential oil terhadap kulit telah terbukti selama bertahun-tahun. Sebagai salah satu contoh, sabun sereh. Sabun ini sebenarnya dibuat dari citronella oil atau minyak sereh wangi yang bersifat antiseptic, antibakteria, antitoksik, mempercepat pembekuan darah dan regenerasi sel-sel kulit. Apabila terjadi luka, lebam atau gatal-gatal serta iritasi pada kulit diakibatkan oleh berbagai sebab, maka dengan menggunakan produk ini dapat diatasi dengan cepat. Sehingga perawatan kulit dengan penggunaan essential oil tentu sangatlah efektif.

No comments:

Post a Comment