Jun 5, 2011

SPA ( SOLUS PER AQUA )

APA ITU SPA  ?

SPA sebenarnya merupakan singkatan dari ‘Solus Per Aqua’ yang artinya adalah penyembuhan melalui ekstraksi atau pun minyak atsiri (essential oil). 

Perawatan SPA meliputi 3 aspek yang saling terkait dan tidak terpisah, yakni harus memenuhi unsur "Body, Mind and Soul’" atau dalam bahasa Indonesia adalah ‘Tubuh, Pikiran dan Jiwa’. Suatu bentuk perawatan dapat dikatakan sebagai SPA jika mengandung 3 hal tersebut. Jadi SPA bukan sekedar berlulur, masker atau pijat saja, melainkan harus dapat memberikan efek positif baik dari segi pikiran (MIND - Positive Thinking) maupun jiwa (SOUL - Positif Feeling/Spiritual). Oleh karena itu, harus ada energi positif yang disalurkan oleh terapis kepada pasien, sehingga si pasien akan benar-benar dapat merasakan perubahan positif pada dirinya


Pakem utama dari perawatan SPA adalah penggunaan cairan atau AQUA. Cairan ini haruslah memiliki khasiat alami yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan, bukan hanya sekedar menggunakan bahan-bahan kimia sintetik yang instan dan wangi tapi justru meninggalkan efek samping negatif terhadap tubuh. SPA bukanlah sekedar cantik dengan segala cara, melainkan kecantikan yang didasarkan pada kesehatan alami dengan memanfaat bahan-bahan alam di sekitar kita.


Jenis cairan (Aqua) yang digunakan pada SPA adalah sebagai berikut : 

Air Murni  : Air ini tentulah harus air putih bersih. Baik digunakan sebagai pelarut bahan SPA atau pun memanfaatkan kekuatan air untuk mendapatkan efek terapiknya. Contoh; berendam dengan air bunga/rempah, semprotan air pada titik refleksi tubuh dll. 

Larutan : Pencampuran secara homogen antara air dengan bahan-bahan tertentu. Contoh; larutan garam untuk berendam kaki, air mawar sebagai pelarut masker dll. 

Ekstrak : Diambil dari sari tanaman herbal (tanaman obat). Contoh; ekstrak green tea, ekstrak lidah buaya dll. 

Essential Oil : Minyak alami yang diambil dari hormon tumbuhan dan hewan dengan proses tertentu. Contoh ;  minyak lavender, minyak melati, minyak mawar dll.

No comments:

Post a Comment